Aku, Kamu, Mereka dan Alam

Aku, Kamu, Mereka dan Alam... Pantai Gedong, 8 Maret 2011 bersama keluarga keduaku,,

Tuesday 9 October 2012

Jalan-jalan Kali Ini, Kediri (Lewat Selatan)

Weekend kemarin saya nyempetin waktu ke Kediri. Nengok ponakan. Meskipun udah berkali-kali ke Kediri, perjalanan kali ini beda. Apa yang bikin beda? Rutenya. Ya, kali ini karena berangkatnya dari Semarang jadi aku milih lewat jalur Selatan yang lebih deket. Pertimbangan lainnya karena jalur Pantura sedang lagi ada perbaikan jalan yang bisa sampe 2 jaman macet kalo lagi sial. Setelah ambil keputusan lewa jalur selatan, mulai deh banyak pertanyaan di pikiran. Ini nanti naik apa? Lewat mana? Bingung. Buta arah sama sekali. Apalagi rencananya berangkat malam hari dan sendiri. Kalau lewatnya Pantura mah saya apal dan mungkin ga ngerasa was-was karena udah biasa. Harap maklum ya, saya orang Pantura yang sehari-hari lewatnya ya jalan sepanjang pantai utara. :D

Mulailah lima hari sebelum hari H saya sibuk nyari-nyari info travel, bus, kereta, pokoknya kendaraan yang mungkin dinaiki sampai ke Kediri. Ngumpulin referensi dari cerita-cerita di blog sampai nanya sana sini. Sayangnya koleksi temen dari Kediri minim. Apalagi yang sering bolak balik Kediri - Semarang. Setelah cari info sana sini akhirnya keputusan mengerucut ketiga opsi,
  1. Naik kereta api, ambil jurusan Semarang - Kediri dengan tiket dihitung Jakarta - Kediri yang artinya bisa sampe 200an ribu karena adanya cuman Bisnis.  Bisa kena kanker tiba-tiba ini kalo PP naik kereta! Bahkan efeknya bisa kerasa sampai akhir bulan :(
  2. Naik Bus tapi dengan resiko harus pindah bus 2 kali. Semarang - Solo, Solo - Nganjuk dan Nganjuk - Kediri. Ini murah di ongkos tapi capek di badan. Apalagi kalo malem, waduh!
  3. Naik travel. Agak mahal tapi santai. Nunggu di kosan, dijemput trus dianterin sampai depan rumah tujuan. Ini kayaknya yang paling masuk akal dipilih buat perjalanan malam hari.
Dan benar saja, dari 3 opsi itu si Ayah cuman ngijinin kalo naik travel. Udah wanti-wanti juga dengan kata pokoknya pokoknya dan pokoknya. Kalo sudah begitu ya apa mau dikata, manut. Mulai deh nyari-nyari travel jurusan Semarang - Kediri.

Alhamdulillah hari Rabu sore akhirnya dapat tiket travel ke sana. Nama travelnya Surya Travel (mangga di googling sendiri). Mobil-mobilnya kebanyakan sudah tua, tapi pelayanannya lumayan bagus. Tiket Rp110.000,00 ke Kediri dapat snack roti dan aqua. Kalau dari Semarang malam jam tiket jam 8 (tapi praktiknya saya dijemput jam 9) sampai Kediri jam setengah 4 pagi. Lumayan cepet untuk ukuran travel. :)

Karena ini the first time-nya aku ke Kediri lewat jalur Selatan, aku udah niat mau ngapalin jalan. Lihat-lihat jalan biar ga buta-buta amat kalo ditanya. Jadilah semalaman ga tidur di mobil. Ngamatin kanan kiri. Tapi karena kondisinya gelap sepanjang jalan aku jadi ga bisa foto-foto.

Rutenya: Semarang - Ungaran - Salatiga (lewat Tingkir) - Boyolali - Sragen - Gemolong - Ngawi - Madiun - Caruban - Nganjuk - Kertosono - Kediri

Yang horor itu yang jalan dari Tingkir sampai Sragen. Jalannya sepi apalagi malem-malem. Dulu waktu ke Sangiran sama anak-anak magang Candisari aku pernah bilang ke Andri, "Wah lumayan iki Ndri nek lewat sini malem. Nek ana apa-apa misal ban bocor susah." Dan kemarin kesampaian dong, lewat daerah sini jam 12 malam. hahaa...

Kalau lewat Pantura, kita sepanjang jalan disuguhi pemandangan laut (yaiyalah namanya juga pantai utara -___-) nah, kalo lewat jalur selatan kita disuguhi pemandangan asri pohon-pohon. Emang bener ya kalo daerah selatan Jawa ini subur. Rimbun, adem aja gitu lihatnya. Sayang ni ga lewat pas masih terang, kataku dalam hati. Jalannya juga bagus, ga jelek kayak jalur pantura yang tiap tahun ada saja perbaikan di sana sini. Tapi jalur ini relatif sepi ga kayak Pantura yang 24 jam always ramai.

Setelah pegel-pegel duduk dimobil akhirnya jam 4 kurang dikit sampai ke Tinalan, rumah si kakak. Sampai sana saya disambut tangis hebohnya baby Faza yang lagi ngambek minta susu. Langsung ilang deh capek-capeknya. Cuci kaki, cuci tangan, cuci muka, cium baby Faza :) Sabtu Minggu melepas kangen. Ngobrol ngalor ngidul sama si Mbak, peluk-peluk Ibu sayang, dan dapet banyak wejangan dari si Mas. (buat wejangannya kayaknya perlu tulisan khusus kalo mau diceritain. Panjang kali lebar kali tinggi!) Sebenernya sih belum puas karena belum makan martabak Eifel, belum makan tahu Kediri dan belum puas gendhong baby Faza. Ntar deh kalo ada libur agak panjang ke Kediri lagi :)

Pulangnya saya naik travel yang sama, lewat jalur yang sama bedanya kali ini saya dari Kediri siang. Jadi bisa puas lihat-lihat jalan. Sayangnya, saya tepar di travel. Masuk angin sepertinya. Mual, muntah, ga bisa ngapa-ngapain dan HP mati. Untungnya perjalanan lancar, sampai kosan dengan selamat. Langsung gegulingan di kasur kamar. Alhamdulillah....

Sekian cerita jalan-jalan capek kali ini. Oiya, Kediri itu kota yang recommended buat dikunjungi lho.. :)